Partisi Kaca Frameless saat ini banyak digunakan sebagai penyekat ruangan kantor. Sebab dengan menggunakan jenis partisi kaca ini ruangan akan tampak lebih bersih dan elegan.

Sesuai dengan namanya frameless adalah system pemasangan kaca tanpa menggunakan rangka. Kaca hanya ditanam di lantai, tembok maupun di dak beton.

Pengunaan jenis partisi kaca ini sebagian besar adalah untuk Partisi Kaca Kantor. Namun selain digunakan di perkantoran banyak juga dipakai untuk penyekat ruangan bank, ruko bahkan untuk rumah tinggal.

Sesuai dengan fungsinya Partisi Kaca Frameless ini sebenarnya lebih cocok digunakan untuk meeting area.

Hal penting yang harus kita perhatikan jika ingin menggunakan Partisi Kaca Frameless ini adalah dari segi safety. Karena jenis partisi kaca ini banyak digunakan untuk ruangan public area maka factor safety menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

Dalam hal ini sebagai contoh adalah safety terhadap beberapa benturan, safety perkuatannya serta safety dalam life timenya.

Partisi Kaca Frameless atau sering juga disebut Partisi Kaca Kantor sebaiknya material utama yang harus menjadi perhatian kita adalah jenis kaca yang dipakai. Pakailah jenis kaca tempered agar lebih aman digunakan untuk membuat Partisi Kaca Tempered. Jenis kaca tempered ini memiliki daya tahan terhadap benturan beberapa kali lipat dibandingkan kaca biasa.

Disamping itu jika terjadi pecah maka jenis Partisi Kaca Tempered ini tidak membahayakan bagi orang-orang disekitarnya. Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui apa itu jenis kaca tempered.

Bagi yang belum tahu kami jelaskan bahwa kaca tempered adalah kaca yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi kemudian didinginkan dengan secara tiba-tiba. Sehingga terbentuk kaca yang lebih keras dibandingkan kaca biasa.

Partisi Kaca Frameless ini dalam penggunaannya tak lepas dari pasangannya yaitu pintu kaca frameless. Untuk jenis pintu kaca lebih baik bahan yang dipakai adalah kaca tempered. Karena penggunaan pintu ini lebih sering dibuka maupun ditutup.

Tentunya untuk menjaga factor keamanannya, karena biasanya untuk area pintu sering terkena benturan dari barang-barang yang keluar masuk.

Disamping itu berbicara mengenai Partisi Kaca Frameless atau sering juga disebut Partisi Kaca Kantor tidak terlepas pula dari penggunaan jenis material pendukungnya. Seperti lem sealant untuk sambungan kaca maupun rangka channel U aluminium.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Partisi Kaca Frameless :

  1. Partisi Kaca Frameless sebaiknya gunakan kaca tempered
  2. Untuk Partisi Kaca Tempered diatas ketinggian 2,1 m gunakanlah jenis kaca tempered dengan tebal minimal 10 mm
  3. Untuk Partisi Kaca Kantor lebih disarankan menggunakan kaca tempered dengan ketebalan 12 mm karena biasanya jarak lantai ke dak plafond sekitar 2,7 – 3 m
  4. Untuk ketinggian kaca di atas 3 m – 7 m gunakanlah system suspended dengan gantungan yang cukup kuat

Untuk poin keempat Partisi Kaca Frameless ini biasanya digunakan untuk area lobby kantor ataupun hoteldengan ketinggian non standard. Jenis kaca yang digunakan harus dengan ketebalan yang sudah disyaratkan dalam perhitungan kekuatan bebannya.

Sedangkan untuk Partisi Kaca Kantor ketebalan kaca cukup digunakan dengan ketebalan yang standard saja. Atau jika ingin lebih safety gunakanlah kaca dengan ketebalan 12 mm. Penggunaan stiker atau kaca film yang ditempel dikaca juga memberikan keamanan tersendiri, pada saat terjadi kaca pecah butiran kaca sebagian besar masih menempel pada kaca film.

Berikut beberapa material standard yang digunakan dalam pembuatan Partisi Kaca Frameless :

  1. Kaca tempered atau kaca non tempered (disesuaikan dengan perhitungan dan kondisi bentangan)
  2. Lem silicon non acid
  3. Rangka channel U aluminium
  4. Alat bantu : masking tape, fisher, alat-alat kerja dll

No Comment

Comments are closed.