Kusen aluminium yang berada di bagian luar bangunan tentu akan sering terkena sinar matahari dan hujan, akibatnya kusen aluminium akan menjadi buram karena teroksidasi yang membuat warna asli menjadi pudar dan menimbulkan bercak noda yang biasanya berwarna hitam. Salah satu kelebihannya yaitu perawatan yang simple dan mudah, lalu bagaimana cara membersihkan kusen aluminium agar kembali bersih dan mengkilap sehingga terlihat seperti baru kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Seka secara menyeluruh kusen aluminium dengan menggunakan lap basah. Setelah diseka secara menyeluruh, gosok dengan menggunakan air sabun, bisa juga digosok dengan menggunakan produk pembersih aluminium yang banyak terdapat dipasaran. Baca terlebih dahulu aturan/cara pemakaian produk tersebut, coba sedikit terlebih dahulu, setelah melihat hasilnya baru gunakan secara menyeluruh.
  • Selesai menggosok, lap dengan menggunakan kain lembab secara merata.
  • Bilaslah dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan kotoran yang menempel pada kusen aluminium, lalu keringkan dengan menggunakan lap kering.

Setelah proses pembersihan selesai, sekarang saatnya membuat kusen aluminium mengkilat kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan kusen aluminium sudah kering benar dari air sisa membersihkan. Sebab jika tidak kering benar hasilnya tidak akan maksimal, setelah yakin kering baru masuk pada proses pemolesan.
  • Untuk memoles kusen aluminium, anda bisa menggunakan cairan pemoles cat mobil. Gosok cairan pemoles dengan menggunakan kain kering berbahan kaos, lakukan secara merata. Setelah itu lap kembali dengan menggunakan kain kering untuk menghilangkan sisa-sisa cairan pemoles.

Nah, itulah langkah-langkah cara membersihkan kusen aluminium dan membuatnya kembali mengkilap. Sangat simple dan mudah, anda tidak perlu lagi melakukan pengecatan seperti yang biasa dilakukan pada perawatan kusen kayu. Dengan demikian anda bisa menghemat biaya perawatan…

Membersihkan Kusen Aluminium Menggunakan Krim Tartar

Krim tartar atau cream of tartar adalah garam potasium dari asam tartarat yang diperoleh sebagai hasil samping industri wine (lengkapnya bisa dibaca di: Wikipedia), warna krim tartar adalah putih dan bentuknya bubuk halus. Krim ini biasa digunakan untuk masak-memasak sebagai bahan pengembang ketika membuat kue atau bolu, tapi selain digunakan untuk masak-memasak krim ini bisa juga digunakan sebagai bahan pembersih. Nah, kali ini kita akan membahas cara membersihkan kusen aluminium, jendela aluminium, atau pintu aluminium dengan menggunakan krim tartar. Simak langkah-langkah di bawah bagaimana cara membersihkan aluminium dengan menggunakan krim tartar.

  • Langkah 1: Didihkan 1 liter air. Tambahkan dua sendok makan krim tartar dan aduk.
  • Langkah 2: Laburkan larutan hasil pencampuran tadi ke seluruh permukaan kusen, jendela, dan pintu dengan menggunakan kuas biarkan selama 15 menit.
  • Langkah 3: Siapkan 1 liter air, campur dengan deterjen atau sabun cair secukupnya. Larutkan hingga berbusa.
  • Langkah 4: Basahi spons dengan air sabun. Gosokan spons ke seluruh permukaan kusen, jendela, dan pintu dengan tekanan cukup. Pastikan tidak ada bagian permukaan dan sisi- sisi yang luput.
  • Langkah 5: Celupkan spons penyerap air, kemudian balurkan airnya kepermukaan kusen, jendela, dan pintu sampai seluruh sabun dan kotoran bersih.
  • Langkah 6: Lap permukaan panel hingga ke tepi dan sisinya hingga kering.

Silahkan praktekkan langkah-langkah di atas untuk membersihkan kusen aluminium anda. Selain untuk membersihkan kusen, jendela, dan pintu aluminium, krim tartar juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan masak seperti: loyang, panci, atau wajan aluminium. Semoga tips ini bermanfaat

No Comment

Comments are closed.